Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa di jogja selama bulan ramadhan, yang pernah saya lakukan dulu sewaktu menjadi mahasiswa. Jadi kalo ada kegiatan yang tidak saya masukken, mohon maap sebesar2nya.

  1. Buka puasa gratisan, menjadi mahasiswa harus kreatif, termasuk bagaimana harus menghemat isi dompet. Untuk mendapat buka puasa gratisan cukup mudah, datang saja ke masjid-masjid sekitar pondokan (kost) sampeyan. Dulu di seputaran UGM ada gelanggang mahasiswa yang menyediakan buka puasa dan sahur gratis, entah sekarang. Kalo mau menu yang lebih elit bisa bertandang ke Masjid Syuhada. Belom lagi kalo ada takjil pas ada tadarusan di masjid-masjid. Jadi bulan ramadhan bagi mahasiswa adalah bulan di mana bisa mengirit uang untuk makan.
  2. Ngabuburit di seputaran UGM, tempat paling rame dan biasa disambangi mahasiswa menjelang buka puasa adalah seputaran UGM.  Intinya adalah tempat cuci mata. No comment dah mengenai yang ini.
  3. Memancing, cobalah untuk memancing di kali code, kalo beruntung anda bisa dapet ikan.
  4. Mengaji, selama ramadhan banyak sekali pengajian2 yang diadakan, dari pagi sampe sore, bahkan sampe malem. Oh iya kalo malem kadang ada takjilnya juga.
  5. Main Game di Game Center, biasanya dilakukan rame2. Di tempat ini waktu berjalan dengan sangat cepat. Teman kost saya dulu pernah 1 minggu ngendon di game center, aktifitas seperti buka, sahur, mandi sampe tidur pun di jalani di game center.
  6. Main di Warnet, tapi not recomended lah, terlalu banyak godaannya.
  7. Tidur, temen kost saya yang biasa keluyuran malam di game center dan pulang menjelang subuh, biasanya tidur dari pagi sampe sore. Not recomended kalo durasinya terlalu lama, bisa2 kelewat sholatnya.
  8. Main Kartu atau Karambol, lumayan untuk menghabiskan waktu.
  9. Maen ke Mall, another sight seeing event.
  10. Nongkrong seharian di kampus, sayang sekali dulu blom ada hotspot :(  .
  11. dan sebagainya………