Usman, mantan Kepala Seksi Pendidikan Dasar Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, belum lama ini diusir paksa dari Sekolah Dasar 07 Pagi Makassar. Ia dianggap sudah tidak berkompeten lagi bekerja di wilayah Kecamatan Makassar. Usman diusir oleh Satgas Organisasi Kepemudaan. Dalam pengusiran tersebut, usman diperlakukan dengan kasar, bahkan beberapa orang yang berusaha melerai di ancam dengan pisau oleh oknum satgas. Para siswa yang menonton kejadian tersebut ketakutan dan menangis, terpaksa mereka dipulangkan lebih awal. Usman juga dituduh telah melakukan sejumlah pemerasan kepada kepala sekolah dengan meminta paksa mereka menyetor uang satu juta rupiah.

usman di usir paksa satgas
Terlepas dari apa yang dilakukan oleh Usman, pengusiran oleh oknum2 satgas tersebut sudah melanggar hukum. Padahal dalam undang2 kepegawaian telah diatur bahwa ada sangsi dari dinas yang bersangkutan terkait masalah indisipliner pegawai (PP 30 – kalo ndak salah). Jadi pengusiran tersebut sangat berlebihan, dan harus ditindak tegas orang2 dibalik pengusiran paksa tersebut.

Beginikah nasib hukum di Indonesia? Menurut saya, satgas2 busuk seperti mereka sudah sepatutnya dibubarkan saja. Bisa2nya mereka memberi contoh yang tidak baik dihadapan calon2 penerus bangsa ini (anak2 SD).

*gambar diambil dari sini