Hari ini, iseng2 buka portal berita kesukaan saya di angkringan om Yanto, ada berita gempa, banjir, kecelakaan, wah koq berita susah2 semua. Trus ada satu berita yang biasa tapi cukup menarik.

“Berita opo kuwi kang?” Tanya Om Yanto.
“Anu koq om, biasa….berita ekonomi dan bisnis, ben rada melek bisnis” Jawabku

Menarik menurut saya, karena dengan bersatunya Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia (yang tergabung dalam Asbanda), maka mereka akan menjadi raksasa dalam perekonomian perbankan di Indonesia yang mampu mengimbangi Bank2 besar baik milik pemerintah maupun swasta. Meskipun fitur2 yang ditawarkan dalam BPD-net Online ini masih sangat terbatas (setor tunai, mobile banking dan pembayaran). Namun bisa dikatakan bahwasanya hal ini bisa sebagai langkah maju mereka agar tidak lagi dikatakan bank kelas 2 yang hanya sebagai bank tempat pemerintah daerah menyimpan uang, atau bank tempat ngambil gajian PNS.

Untuk layanan BPD-net ini, masing2 BPD mengembangkan aplikasinya secara sendiri2. Biaya untuk out source diperkirakan 50~100 juta rupiah. BPD-net Online ini menghubungkan 1550 kantor cabang BPD di seluruh Indonesia dan terhubung dengan 12000 jaringan ATM Bersama. Dan dalam masa perkenalan ini tidak dikenakan fee/biaya atas transaksi yang dilakukan. Yang ada dalam benak saya waktu itu adalah bisa kirim uang ke adik saya yang nasabah Bank Jateng secara gratis, lumayan buat ngirit ongkos transfer, hehehehe.

Dari keterangan telik sandi yang saya dapatkan sesaat setelah mendapat berita tersebut, hampir semua BPD mengembangkan aplikasinya secara out-source, karena core-banking mereka yang juga sebagian besar dihandle oleh pihak ketiga. Namun yang membanggakan saya sebagai putra Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Bank BPD DI Yogyakarta mengembangkan aplikasinya secara mandiri (in-house development). Haha, salut dah buat Bank BPD DIY.

Selama ini saya nabung di BPD cuma karena biaya administrasi-nya yang paling minim di antara Bank2 lain (pelit mode : on). Ya, kalo bisa dengan biaya minimal mendapat layanan yang maksimal. Sekali lagi Congrats buat Bank BPD.

Iklan