Beberapa minggu yang lalu terpaksa bedrest selama 5 hari, selain karena disinyalir terkena wabah chikungunya, setelah dilakukan test laboratorium didapati bahwasanya ada gangguan fungsi hati. Angka SGOT dan SGPT nya diatas batas yang diperbolehkan. Dokter menengarai selain beban kerja di pabrik yang sering bikin lembur, tingginya kadar kolesterol juga menjadi penyebabnya. Total nilai kolesterolku diatas 200 (LDL + HDL).

Tidak perlu jauh2 mencari penyebab tingginya kadar kolesterol, kebiasaan makan gorengan menjadi tersangkanya. Makan gorengan boleh2 saja, asal tidak berlebihan dan minyak gorengnya-pun harus yang sehat. Diet gorengan adalah salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kalau kita tidak melakukan test laboratorium bagaimana kita bisa mengetahui kalo kadar kolesterol dalam darah kita tinggi ? Berikut ada cara ampuh & efektif dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT) kita. Prinsipnya gampang jika IMT < 25 maka berat badan kita masih dianggap normal, jika 25 < IMT < 29 maka sudah termasuk overweight dan jika IMT > 29 maka sudah termasuk obesitas.

IMT adalah berat badan (dalam kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter). Contoh, saya dengan berat badan 72 kg dan berat 1,67 m. Berarti nilai IMT saya adalah 25.81 berarti termasuk overweight. Olahraga juga sangat dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol. Lakukan olah raga selama kurang lebih 20-30 menit setiap hari, tidak perlu ngoyo, yang penting  anda merasa segar setelah melakukannya.