Hingar bingar Pilgub Jateng yang dilaksanakan kemarin (22 Juni 2008) mungkin masih terasa bagi warga masyarakat Jawa Tengah. Namun untuk warga Kabupaten Temanggung menjadi sesuatu yang unik karena pemilihan gubernur Jawa Tengah itu bebarengan pelaksanaannya dengan pemilihan bupati Temanggung periode 2008-2013.

Cukup menarik hingga mengundang perhatian khusus dari Gubernur Jawa Tengah Ali Mufiz, Pangdam IV Diponegoro Mayjen Darpito dan Ketua KPUD Jateng Fitriyah untuk meninjau langsung pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS di Temanggung.

Hasil pemilihan sementara kepala daerah Kabupaten Temanggung periode 2008-2013 pasangan Hasyim Afandi-Budiarto masih unggul dengan perolehan suara 135.342. Diikuti oleh pasangan Bambang-Fuad yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa dengan perolehan suara 130.780. Urutan ketiga pasangan Mokhamad Irfan-Setyo Adji dengan perolehan suara 120.405.

Yang menarik dari pak Hasyim Afandi adalah beliau juga seorang mubaligh yang sering mengisi pengajian2 di kawasan temanggung, terutama daerah parakan kauman. Pada saat mengisi kuliah subuh setiap hari ahad di kampung kauman parakan, beliau ditanya oleh seorang hadirin apakah beliau masih bersedia memberikan tausiyah2 meskipun nantinya menjadi Bupati Temanggung, beliau menjawab insya allah.

Meski saya sudah bukan lagi warga temanggung, saya tetep dukung pak hasyim😀