facebookMem-booming-nya jejaring sosial facebook ternyata tidak hanya dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman maupun relasi dan atau menambah teman/relasi. Besarnya lingkup jejaring sosial ini menjadi lahan empuk untuk menawarkan produk baik berupabarang maupun jasa. Bahkan facebook menjadi salah satu alat kampanye yang cukup sukses dalam pemilihan presiden Amerika yang lalu.

Banyak orang yang meragukan efektifitas facebook dalam memasarkan barang. Padahal tidak sedikit orang yang mendulang sukses dari pemasaran via jejaring sosial ini. Mungkin yang sebagian besar orang pikir adalah memasang iklan di facebook seperti layaknya pasang iklan di Google Adwords, pemikiran itu adalah salah. Cara marketing ini dibilang sangat simple, modalnya cukup jumlah teman yang banyak karena merekalah konsumen dari produk yang akan dipasarkan.

Pertama-tama, siapkan foto dari barang yang akan dipasarkan, kemudian upload foto tersebut ke facebook. Kemudian tag foto tersebut dengan orang-orang yang sangat mungkin/target pasar dari produk tersebut. Pengguna facebook mempunyai kecenderungan untuk melihat foto dengan tag mereka. Target yang di tag kemudian akan melihat foto terkait. Pada foto tersebut cukup diberi keterangan secukupnya, misalnya dijual Tas Louise Vitton keluaran terbaru dengan harga 20 juta rupiah. Tawar menawar maupun pertanyaan lebih detail bisa dilakukan via message atau comment di foto terkait.

Metode ini terbukti sangat efektif, seorang pemilik toko assesoris wanita di jakarta telah membuktikannya, cukup dengan men-tag foto produknya dengan nama2 selebritis atau sosialita. Bahkan seorang ibu rumah tangga berhasil menjual rumah dengan hanya men-tag foto rumah yang akan dijualnya.  Kalo foto sego kucing / gorengan ditag bakalan tambah laku gak ya angkringan-nya?😀